Jumat, 27 Juli 2012

GAME KOMPUTER PC GRATIS BUANGET


 Bagi Para Gamers Yang Siap Ber ACTION.......



Download Game Komputer PC offline Gratis banyak dicari para netter, tentu saja, lha Gratis.. Walaupun sekarang lagi ngetrend yang namanya game online seperti Game Point Blank, namun game yang dimainkan ofline di komputer juga masih banyak peminatnya, karena selain gak repot juga lebih murah biaya mainnya.

Download game komputer/laptop gratis atau Free Download Game PC/Komputer dibawah ini silakan Anda coba gunakan untuk mendownload banyak game-game seru. Yang jelas Warung Bebas sendiri belum mencoba semuanya, jadi hasil telusurnya disana silahkan dishare dikomentar agar bisa diketahui para netter yang membuka halaman ini. Silahkan diklik saja masing-masing alamat situs dibawah, dan banyak game PC disana.
  1. www.divogames.com
  2. game-fresh.blogspot.com
  3. compressedgamez.blogspot.com
  4. www.gamespot.com
  5. freepcgamez.blogspot.com
  6. www.terragame.com
  7. www.yupgames.com
  8. www.download.com/Games
  9. www.funpcgame.com
  10. www.astatix.com

Dan ini adalah tambahan lagi yang memungkinkan anda secara instan hanya mendownloadnya :
  1. 7 WONDERS GAME
  2. DINER DASH ALL SERIES
  3. SUPER BOUNCE OUT
  4. LUXOR AMUN RISING
  5. ZUMA
  6. BEJEWELED 2 DELUXE
  7. HANGAROO
  8. NICKELODEON JIG SAW
  9. DDD POOL (BEST BILYARD)
  10. TYPERSHARK DELUXE
  11. FIBER TWIG
  12. FARM FRENZY PIZZA PARTY FULL
  13. JEWEL QUEST 2 FULL
  14. 7 WONDERS
    Masih Kurangkah ?? ini ada tambahan daftar game PC yang lebih banyak lagi :

    1.10 days drowning(1)
    2.25 to life-RIP(3)
    3.7 Sins(6)
    4.Hitman-2:Silent Assasin(5)
    5.Call of Juraz-RIP (12)
    6.Gladiator :Sword of Vengance-RIP(5)
    7.MAFIA-RIP(13)
    8.NBA LIVE 08(1-5)
    8.NBA LIVE 08(6-22)
    9. Ace of the Galaxy(1)
    10.Adrenalin Extreme Show(13)
    11.Aerosoft - Hawaii Dillingham(1)
    12.Age Of Empires 2 & The Conquerors Expansion - Full Game(3)
    13.Age Of Empires 3 full DVD +crack + serial(1-15)
    13.Age Of Empires 3 full DVD +crack + serial(16,17)
    14.Agent Hugo Operation Lemoon Twist(4)
    15.Air Battles Sky Defender(only part 2!!)
    16.Airborne Troops(6)
    17.Alarm for Cobra 11 Burning Wheels [RIP](6)
    18.Alarm for Cobra 11 Nitro RIP(4)
    19.Alien Shooter 2.5.0.1(1)
    20.Alien Shooter Full v1.2 + Addons.(1)
    21.Alien VS Predator 2 [Pc Game](8)
    22.American Conquest(7)
    23.American Ninja III; Blood.Hunt-1989(7)
    24.Aquadelic GT-ISO(1-4)
    24.Aquadelic GT-ISO(5)
    25.Arca.Sim.Racing.2008(7)
    26.Area-51 [RIP] (3)
    27.Army Ranger Mogadishu [pc-rip](3)
    28.Assassin's Creed-Repack-Reloaded(1-37)
    29.Assassins.Creed.Full-Rip.Skullptura (1-21)
    30.ATV Quadro Racing (1)
    31.Auto Cross Racing(1)
    32.B 17 Flying Fortress The Mighty(6)
    33.Bad Boys 2 - RIP(2)
    34.Baja 1000 RIP 2008(2)
    35.Battle of Europe(3)
    36.Battle Rage(5)
    37.Battlefield 1942(4)
    38.Battlestrike - Force of Resistance(6)
    39.Beetle Ju 3(1)
    40.Beyond Normandy Assignment Berlin(3)
    41.Billiard-Masters(1)
    42.Black Buccaneer-121 MB Version(2)
    43.BlackJack(1)
    44.Bloxorz - Flash Game(1)
    45.BMW_M3_Challenge[2008] (3,4)
    46.Boiling Point Road To Hell(26)
    47.Bomberic_2(1)
    48.Boxsport Manager(1)
    49.Brothers in Arms Road to Hill 30 PC (1-20)
    50. Buja - Kur Une Vi ft. Vz Wide.VIDEO (1)
    51.Burn[English] (4)
    52.Burn(4)
    53.Burnout.Paradise.The.Ultimate.Box(29)
    54.Bus Driver RIP 59 MB(1)
    55. Bus-Simulator-2008(1,2)
    56.Bıg Rıgs Over The Road Racing-RIP(2)
    57.C4 Robot Racing in Istanbul(3)
    58. Caesar_III(1)
    59.Call of Duty 2-RIP (5)
    60.Call of Duty 4 Modern Warfare Full-RIP(26)
    61.Chicken Attack Deluxe(1)
    62.Cilvilization IV-RIP(2)
    63.Civil Disturbance-English (2)
    64.Civil War Secret Missions(1,2)
    65.Close Quarters Conflict-RIP(4)
    66.Coca_Cola_Football (6)
    67.Code of Honor(6)
    68.Colin McRae Rally 2(7)
    69.Comanche 4 (4)
    70.Combat Arms Europe-2008(1-3)
    71.Combat Mission Shock Force(4)
    72.Combat.Pillows.v1.4(1)
    73.command and conquer - red alert 2(3)
    74.Command_and_Conquer_Generals_No-CD_Crack(1)
    75.Commandos 3.Destination Berlin(20)
    76.Commandos Behind The Enemy Lines RIP(1)
    77.Commandos Beyond the Call of Duty RIP(1)
    78.Conflict Desert Storm 2(2)
    79.Conflict Vietnam(4)
    80.Conter Strike.16full_v4+zbot(3)
    81.Corvette(6)
    82.Counter Strike - 1.7(4)
    83.Counter-Strike 1.6 + Half-Life(1-3)
    84.Counterstrike Source Alyx (1)
    85.CRack - Driver - You Are The Wheelman(1)
    86.Crack FIFA - 2009.
    87.CRACK.Taxi 3 Extreme Rush(1)
    88.Crash Bandicoot N-Traced{GBA Game with emulator} (1)
    89.Crashday(5)(two copies of each!!
    90.Crazy Chicken Kart Thunder-2008(5)
    91.Crazy Chicken License to Grill - 4 in 1(4)
    92.Crazy Frog Racer II(1)
    93.Crazy.Chicken Kart 2 (1)
    94.Crime Life Gang Wars RiPPEd 980 mb(8)
    95.Crimes Of War - Ubersoldier 2(1-15)
    96.Croc legend of the gobbos (2)
    97.Cross Racing Championship 2005-RIP(3)
    98.Cue Ball (2)
    99.Dark Floors(7)
    100.Dark Horizon (11)
    101.Darwin The Monkey(1)
    102.Dave Mirra Freestyle BMX (1)
    103.David Douillet Judo - 2006(3)
    104.Day of defeat source nonsteam (5)
    105.Dead To Rights-RIP(2)
    106.DeadHunt(1)
    107.Deadly Dozen-RIP(2)
    108.Death Rally(1)
    109.DeepBurner_Pro_1.9.0.228_Portable(1)
    110.Delta Force Taskt Force Dagger(3)
    111.Delta force Xtreme The Hell In Vietnam(5)
    112.Desert Storm - Conflict(7)
    113.Devastation(7)
    114.Diablo 2 LOD(13)
    115.Die Hard Nakatomi Plaza(3)
    116.DirtyRacing2 (part 3)
    117.Donald Duck Going Quackers-RIP (2)
    118.Dragon Ball Z Sagas(3)
    119.Dragonball MUGEN 2007(3)
    120.Dream Match Tennis (1)
    121.Driver - You Are The Wheelman (1)
    122.Driver Parallel Lines(20)
    123.Driving Speed 2-2008 (2)
    124.Duke Nukem - Caribbean Life's a Beach(1)
    125.Earth Worm Jim 3(1)
    126.Echelon Wind Warriors(7)
    127.El-Matador(6)
    128.EmpireEarthGold+Crack(6)
    129.Enemy Engaged 2(1-5)
    130.Enter The Matrix (4)
    131.ET_Ultimate_Installer_1.5 (4)
    132.Euro Cops (4)
    133.Europa Universalis Rome 2008(6)
    134.European Street Racing-ESR (5)
    135.Evil Dead Regeneration-RIP (2)
    136.Evolution GT Full (15)
    137.Extreme Racers(1)
    138.F -22 Lightning 3 (4) 1-3 2nd time also
    139.Fallout3(1-49)
    140.Far Cry 2 with no CD or activation required(1-18)
    140.Far Cry 2 with no CD or activation required(19-38)
    141.Fast Lane Carnage(3)
    142.Fast Track No LIMIT-2008 (7)
    143.Fate of the Dragon (1)
    144.FEA - Command & Conquer Generals+serial key(13)
    145.Ferrari Of virtual Of race-2009 (1)
    146.FIFA 2008 (1-5)
    147.Fifa 2009-RIP (9)
    148.FIFA 96_UFS(1)
    149.FIFA 97(1)
    150.FIFA 2000 (1)
    151.FIFA 2003 (2)
    152.FIFA 2004 (4)
    153.FIFA 2005 (4)
    154.FIFA 98 (1)
    155.FIFA 99 (1)
    156.FIFA 2002 (2) 2nd part twice!!!
    157.Final Drive Nitro (1)
    158.Flatout 2 (8)
    159.Flugratten (3)
    160.FootBall Generation [2009]FULL RiP (6)
    161.Football Manager 2009 (6)
    162.Football Superstars-2008 (5)
    163.Football.Manager.2009+Patch 9.1.0+Crack (1-22)
    163.Football.Manager.2009+Patch 9.1.0+Crack (23rd part)
    164.Ford Racing Off Road-RELOADED (5)
    165.Ford Racing Off Road (5)
    166.Ford Street Racing-Reloaded (2)
    167.Freedom Fighters -RIP 180 MB (2)
    168.Full Spectrum Warrior The Hammers-RIP (13)
    169.Game_CheatBook_2008 (1)
    170.Ghost Recon -RIP (2)
    171.Gizmos and Gadgets (1)
    172.Gods Lands of Infinity Special Edition-MUSIC ADDON (1)
    173.Grand Theft Auto 4GTA IV (1-17)
    174.Grand Theft Auto I (4)
    175.Grand Theft Auto Vice City (13)
    176.Grand.Touring (1)
    173.Grand_Theft_Auto_4GTA_IV_PC_.(62nd part !!)
    177.Grouch (2)
    178.GTA IV demo (4)
    179.GTA San Andreas-RIP 605 MB (7)
    180.GTA San Andreas (1,2)
    181.Gtr 400 -RIP (1)
    182. Gun- Rip (3)
    183.Half Life Source (2)
    184.Half-Life 2 (1-5)
    185.Halo 1 (6)
    186.Hammerhead Pool To Go (1)
    187.Hancock - CAM.XviD-PLUBE.AVI-2008 (7) Its a film!!!
    188.Happy Hippo World Tour (3)
    189.Hard Truck Apocalypse - Rise of Clans (6)
    190.Heavyweight Thunder (2)
    191.Helicopter Strike_Force (3)
    192.Heracles Battle with the Gods (1)
    193.Hitman 4 Blood Money -RIP (3)
    194.HL Gunman Chronicles
    195.Hogs of War (1)
    196.Hot Rod American Street Drag PC GAME (2)
    197.Hot Wheels World Race (2)
    198.Hotwired and Gone (1)
    199.House Of The Dead 2 (1)
    200.Hulk Game -RIP (2)
    201.humour 2 (1)
    202.HUNTER -RIP (1)
    203.Hunting Unlimited 2008 (5)
    204.I-Digger 2007 (2)
    205.Ice Age 2 The Meltdown
    206.IGI 2 - Covert Strike RIP (2)
    207.Imperium Romanum (3)
    208.Insane 4x4 Offroad Racing (5)
    209.Jacked (5)
    210.JAGUAR-Mk2SALOON (1)
    211.James Bond Nightfire 007 (1-4)
    212.Jetfighter 2015 (5)
    213.JFK Reloaded (1)
    214.Joint Operations (8)
    215.Juiced 2 Hot Import Nights (26)
    216.Juiced -RIP (1,2)
    217.Just Cause -RIP (7) twice posted!!
    218.Kicks Online[Football] (5)
    219.Kill Switch (3)
    220.Kingpin Life Of Crime (5)
    221.Knight Rider 2 (7)
    222.Knights And Merchants II - The Peasants Rebellion (2)
    223.Kometimi i Enderrave (1)
    224.The Now World (11)
    225.Kreed 2009 -RIP (1,2)
    226.L.A Rush (3)
    227.LA Street Racing (4)
    228.Land Of The Dead Road To Fiddlers Green (2)
    229.Le Mans 24 Hours, Version 1.5 (1)
    230.Leadfoot - Stadium Off Road Racing (2)
    231.LEGO Racers (1)
    232.Line Of Sight Vietnam (5)
    233.Live For Speed S2 Version Y (2)
    234.Live_Billiards_Deluxe_2. (1)
    235.LOCK ON -Modern Air Combat (7)
    236.LOTR The Return Of The King -RIP (3)
    237.Lula-3D
    238.Luxor 3 - ThEtA (1)
    239.Mad Dog McCree (1-3)
    240.Made Man -RIP (4)
    241.Man Hunt (2)
    242.Manx.TT.Superbike (1)
    243.Marc Eckos Getting Up -RIP (5)
    244.Marine Sharpshooter 3 (6)
    245.Marine Sharpshooter 4 Locked and Loaded-2008 (6)
    246.Marine_Heavy_Gunner__Vietnam_RIP (3)
    247. Mario_Forever (1)
    248.Mashed -RIP (1)
    249.Masterpiece Fishing 2 v3.21 Thinstalled (1)
    250.Max Payne 2 The Fall Of Max Payne-CD1 (8)
    250.Max Payne 2 The Fall Of Max Payne-CD2 (8)
    251.Medal Of Honor Allied Assault -RIP (1-4)
    252.Medal of Honour Allied Assault Breakthrough Expension Pack(7)
    253.Medieval II Total War Kingdoms Expansion(1-39)
    254.Metal Gear Solid (3)
    255.Metal Slug -Arcade game with emulator (1)
    256.MexicanMotor Mafia 2 masters (1)
    257.MicroMachines V4 -RIP 117 MB (2)
    258.Midnight Club 2 -RIP 180 MB (2)
    259.Midnight Pool 3D (1)
    260.Midtown Madness 2 (5)
    261.Monster Garage (6)
    262.Monster Truck Stunt Rally (1)
    263.Moorhuhn Atlantis-Crazy Chicken Atlantis (1)
    264.moorhuhn director (2)
    265.Moorhuhn Kart Thunder (6)
    267.Mortal Combat Ultimate (1)
    268.Mortal Kombat Mythologies Sub-Zero (2)
    269.Mortal Kombat VS Street Fighter (3)
    270.Mortyr 2 -RIP 237 MB (3)
    271.Moscow to Berlin Red Siege (6,7)
    272.Moto Racer 3 Gold Edition (6)
    273.MotoGP 2 (2)
    274.MOTOGP Ultimate Racing Technology 3 (7)
    275.Mountain Bike Adrenaline(6)
    276.Muscle Car 2 American Spirit (2)
    277.Muscle Car 3 (3)
    278.Mushroom Age (1)
    279.MX vs ATV Unleashed (6)
    280.Navy SEALs Weapons of Mass Destruction-2008 (2)
    281.NBA.LIVE.2004 -RIP (2)
    282.NBA.LIVE.2007 -RIP (3)
    283.Need For Russia (5)
    284.Need For Speed Carbon (1-3)
    285.Need For Speed Hot Pursuit 2 -RIP (1)
    286.Need for speed underground 2 -RIP (3)
    287.Need.For Speed Pro Street-RELOADED (1-9)
    284.Need_For_Speed_Carbon.
    288.Need for Speed II Special Edition (1)
    289.NFS Porsche 2008 v1.1 (4)
    290.NHRA Drag Racing Quarter Mile Showdown (2)
    291.Night Watch Racing (4-7)
    292.Nina Agent Chronicles (3)
    293.Nitro Stunt Racing (2)
    294.Nosferatu The Wrath of Malachi Portable (2)
    295.On the Rain-Slick Precipice of Darkness (3)
    296.Onimusha 3 Demon Siege
    297.Outcry (14)
    298.Outrun 2006 Coast 2 Coast -RIP (5)
    299.Overspeed High Performance Street Racing (4)
    300.P._Mega_Mario_1.5 (1) Masih ada tambahan + games & movies:
    9th Company Roots of Terror(15)
    Alpha Prime (3)
    FreeStyle Street Basketball (Online) (2009) (5)
    Evil Islands Curse of the Lost Soul (7)
    Capoeira Fighter 3 Ultimate World Tournament Portable(2)
    Euro Truck(4)
    Dangerous Waters(8)
    New World Order(7)
    Command & Conquer - Red Alert 3 (2008)(RiP)(16)
    Mask Of The Ninja 2008(7)
    Officers -RELOADED 2009ENGFULL (9)
    MotorM4X All Terrain Driving 2009(10)
    World Racing 2 MuLTi 5 RePack(13)
    SBK.09.Superbike.Repack[RIP](11)
    The Wheelman ( 2009 )Full Rip (28)
    Velvet Assassin Full RIP (13)
    Spiderman Web of Shadows Team JPN FULL RIP (12)
    Gears of War (1 a 17)
    Art of Murder. FBI Confidential. (3)
    Gears of War. (18 a 44)
    Ghostbusters The Video Game REPACK 3.2GBENGPC. (34)
    Grand Ages Rome [2009]. (27)
    HomeWorld Cataclysm CD. (5)
    Marine Sharpshooter 3. (3)
    Men Of Valor. (30)
    Mr Bean. (1)
    Ong Bak 2 2008 BRRip. (22)
    Rogue Trooper(rip.)(3)
    Street fighter 3 strike (Highly Compressed). (1)
    SuperStars V8 Racing [2009ENGRepack](8)
    Terminator Salvation-ViTALiTY [Rip] 2.4 GB. (25)
    The Hunter PC2009. (5)
    Van Helsing (2004). (1)
    Winning Eleven Pro Evolution Soccer 2007 (RiP).(4) + crack
    Pro.Evolution.Soccer.2009.Full-Rip.Skullptura (15)
    X-Men Origins Wolverine.(29)

Dari semua games (ada campuran film) diatas, bisa Anda download di MEDIAFIRE FOLDER LINK INI. Jika ada yang meminta password, gunakan password: kosovadc.com
Selamat santai main game...
  1. www.gametop.com
  2. www.share-games.com
  3. www.downloadthat.com
  4. www.freegamepick.com/en
  5. www.bigantgames.com
  6. www.funny-games.biz
  7. www.download-free-games.com
  8. www.spawnpoint.com
  9. www.cimaxgames.com
  10. www.top100gamesites.com




300 Software Gratis Terbaik Tahun 2011 - 2012

300 Software Gratis terbaik tahun 2010 -2011

Banyak software gratis yang luar biasa yang bahkan dapat menggantikan software berbayar. Winaddons secara resmi telah mengumkan software terbaik antara 2009 sampai 2010 bahkan daftar ini mungkin akan bertahan sampai 2012 dimana itu adalah akhir dunia. Semua peringkat diambil dari data semacam review kepuasan download dsb

Banyak juga software baru yang masuk daftar, walau begitu masih terlihat cukup banyak software terbaik adalah muka-muka lama. Daftar aslinya bisa anda dapatkan disini. Secara keseluruhan bintang setubuh-setubuh aja dengan daftarnya to memamg beberapa softwware digunakan di komputer sendiri.
Cara download software cukup gampang kok, tinggal telusuri aja link yang ada. Dimana itu akan membawa kamu ke website pembuat resmi. Selain kamu bisa yakin download secara aman tanpa virus, kamu juga bisa mendapatkan update terbaru dari software gratis tersebut.
Beriku daftar software gratis terbaik.

Video

Apa gunanya dunia ini jika kita tidak bisa nonton video, download software keren dibawah ini yang sangat keren seperti pemilik blog ini. Ada beberapa software terbaru lho…………

Audio

Suka mendengarkan lagu terbaru lewat komputer, jangan lewatkan untuk download semua software di bawah ini. Nggak usah malu semua gratis kok ;

Security

Di zaman dimana semua orang punya niat jahat kecuali Bintang pemilik blog ini. Adalah wajib memiliki software gratis yang ada dibawah ini, sehebat apapun bank nggak ada gunanya tanpa seorang Satpam. Download melalui website resmi mereka, jangan antivirus tahun 1945 disuruh menghadapi virus tahun 2010. Bisa apa coba!!

Office

Masih pakai Microsoft Office yang mahalnya minta ampun. Coba software office dibawah ini, dibanding buatan microsoft memang masih tergolong terbaru, tapi kualitas jangan tanya. Bukan hanya itu ada pembaca pdf, dokumen konverter dsb

Internet

Suka menjelajah internet, software terbaru dibawah ini wajin di download kalau tidak ya nggak pa pa sih :

P2P

Suka banget berbagi file terbaru via komputer, atau suka download hal-hal yang berbau terlarang :

Chat

Suka berchatting ria, suka ngomongin gosib terbaru dan paling hot. Software di bawah ini adalah pilihan yang cocok

Archive managers

Tahukah anda winzip dan winrar itu sebenarnya bukan software gratis. Tapi kebanyakan orang yang sudah download merasa itu freeware. Padahal kedua software itu berbayar, nah yang dibawah ini baru gratis

Servers

Suka upload file ke website atau edit kode PHP, dibawah ini software yang keren
  • FileZilla – FTP client
  • FileZilla Server – FTP server
  • EFTP – FTP client/server
  • XAMPP – integrated server package of Apache, mySQL, PHP and Perl
  • WAMP – Apache, PHP5 and MySQL server

Codecs

Download software codecs terbaru melalui link dibawah ini :

Miscellaneous

Nggak begitu ngerti nih software buat apa, yang pasti gratis di download seperti yang lainnya

Wallpaper

Buat indah komputermu dengan wallpaper keren dan gratis serta terbaru :

System Utilities

Optimalkan komputer kamu, biar nggak lelet dengan utilitis terbaru ini, DOWNLOAD SEPUANYA!!!

Network

Sering berhubungan dengan network dan membutuhkan software yang ampuh……

Image

Untuk mengedit gambar bukan hanya photoshop, software gratis di bawah ini juga bisa melakukannya

3D

Software 3d terbaru dan gratis

CD/DVD

Dapatkan software-software terbaru melalui link dibawah ini, Selamat mencoba!!!

UI Enhancements

ubah desktop kamu sesuai keinginan kamu, software ini akan membuat desktop kamu menjadi terbaru

Hardware monitoring/Benchmarking

Ingin melihat kemampuan komputer kamu, test saja menggunakan software super gratis ini. Jika hasilnya mengecewakan inilah waktu yang tepat untuk membeli komputer terbaru

Developers

Suka coding, software gratis ini mungkin cocok untuk anda

Games

Emang sih nggak bagus-bagus amat, tapi download saja :

Education

Belajar itu penting, dapatkan informasi terbaru dengan software dibawah ini :
Keren banget kan semua software diatas, buat apa kita membeli barang bajakan jika ada software software terbaik yang tidak perlu kita beli. Cukup dowload, gunakan, dan berkreasi. Harap perhatikan!!! Daftar ini adalah yang terbaru untuk saat ini, jika kamu membaca artikel ini 1000 tahun lagi, tentu software terbaik diatas sudah tidak lagi terbaru …………he he he .....alias sudah berkarat.

selamat menikmati.......!!

Penderitaan Sang Kertas Lipat


Penderitaan Sang Kertas Lipat

Jika kau menjadi diriku, aku yakin kau pasti tak akan tahan menjalani hidupmu. Sungguh, aku iri pada kalian, karena kalian memiliki kehidupan yang sempurna, karena kalian memiliki hak hidup kalian masing-masing, karena kalian memiliki apa yang kalian inginkan, dan karena kalian bisa merasakan betapa indahnya hidup.
Kenalkan, aku adalah kertas lipat. Kertas lipat lipat yang bernasib paling buruk, kurasa. Bagaimana tidak ? Tubuhku tidak beda sedikit pun dengan nenek-nenek di panti jompo. Terlihat kuno, lusuh, dan kucel. Semua ini karena majikanku, semua ini karena ulah tuanku, manusia. Memang benar aku diciptakan oleh tangan-tangan mereka. Tapi ‘hidup’ku sebagai kertas lipat tidak pernah satu pun merasakan hak hidup. Aku ingin merubah takdirku, namun aku tak kuasa, karena takdirku sudah ditetapkan, yaitu sebagai penghibur lara manusia saja. Aku ingin melawan dikala mereka mengobrak-abrikku, mengatur hidup sesuka mereka padaku, namun aku tahu, bahwa aku tak bisa, karena memang manusialah makhluk yang sempurna.
Dulu, ketika aku baru ‘dilahirkan’ dari pabrik ke dunia ini, aku terlihat indah dipandang. Dan saat itulah aku tahu tentang takdirku, mengapa aku datang di dunia ini. Ketika badanku ditekuk-teku dengan paksa menjadi sebuah parahu, aku berimajinasi menjadi seorang nahkoda, berkhayal jauh mengarungi luasnya samudra, melawan arus ombak yang besar. Aaahh… Indahnya, pikirku dengan gembira. Namun khayalan itu hancur menjadi debu, kenangan menjadi nahkoda itu hanya dalam waktu semenit, karena sewaktu aku menjadi nahkoda, tubuhku langsung dibongkar-ulang tanpa ada persetujuan denganku. Lalu aku ditekuk-tekuk secara paksa lagi, hingga aku menjadi sebuah topi, aku langsung terjun ke dalam khayalanku, yang menjadi seorang bajak laut, yang menguasai lautan, dan menaklukan pulau-pulau tak bertuan. Aku tampak terlihat gagah. Meski aku hanya menjadi topinya, hatiku senang. Tak lama kemudian badanku dibongkar ulang lagi menjadi apa yang mereka inginkan, sampai tubuhku kucel dan tak terlihat indah lagi, penuh tekukan-tekukan, seperti kerutan wajah yang dimakan usia. Lihatlah, betapa membosankannya hidupku, yang selalu diatir dan dikuasai. Padahal usiaku tidak lama, karena aku tahu, bahwa akhir hidup sang kertas lipat sepertiku selalu berakhir di tempat sampah. Aku tak tahu berapa lama lagi aku masih dipakai. Karena sekali tubuh kertas lipat tertekuk, maka ia dianggap tak berguna, karena tak jarang dari mereka menghiraukan nasib kertas lipat sepertiku. Pernahkah kau berpikir, bahwa akan ada orang yang membawa kertas lipat yang sudah tertekuk ke rumah sakit ? Eehm.. kurasa tidak, karena di rumah sakit tidak menyediakan perbaikan kertas lipat.
Maka dari itu, bagi kalian yang mendengar cerita hidupku ini, akuilah bahwa penderitaan kalian tidak sebesar penderitaanku. Dan mulai saat ini aku berusaha untuk menerima takdirku ini, takdir yang tak akan mau dimiliki seseorang pun.  Aku mencoba menerimanya. Aku mencoba untuk ikhlas menjalai hidupku sebagai ‘budak’ manusia. Aku mencoba sabar dalam menghadapi penderitaan ini. Tapi adakah balasan satu pun bagiku ? Adakah surga untukku yang selalu sabar dan ikhlas menjalani hidup ini, meski aku dianggap sebagai makhluk tak hidup sekalipun ?
Subhanallah......... bagaimana dengan kita ? apakah kita selalu tabah, ikhlas, sabar dalam menerima cobaan dan rintangan demi rintangan yang selalu terus berdatangan setiap hari, setiap jam, setiap menit, dan setiap detik. lebih indahnya apabila kita memiliki perilaku seperti kertas itu, maka allah kan tersenyum kepada kita. allah menyukai kepada orang yang sabar bila ku datangkan cobaan dan apabila ku datangkan kenikmatan ia selalu bersyukur kepada KU.
semoga kita tergolong orang orang yang sabar dan makhluk yang disenangi oleh tuhan kita ........Amiiiin. 
LETS DO IT NOW.....................

Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam


Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Islam

Pengembalian hakikat dan tujuan pendidikan Islam Menggunakan pendekatan dan metode filsafat

Pendahuluan

Berbicara tentang filsafat, kita harus tahu terlebih dahulu apa arti filsafat itu sendiri. Kata filsafat atau falsafat, berasal dari bahasa Yunani: philoshophia yang banyak diperoleh pengertian-pengertian, baik secara harfiah atau etimologi. Terdiri dari kata philos yang berarti cinta, gemar, suka dan kata sophia berarti pengetahuan, hikmah dan kebijaksanaan. filsafat menurut arti katanya dapat diartikan sebagai cinta, cinta kepada ilmu pengetahuan atau kebenaran, suka kepada hikmah juga kebijaksanaan.
Didalam filsafat pendidikan, akan kita jumpai berbagai macam hal baru yang tentunya akan menambah wawasan keilmuan kita. Dan didalam makalah yang singkat ini akan diterangkan mengenai pengertian filsafat, objek kajian filsafat, serta fungsi dan tugas filsafat pendidikan itu sendiri.
Corak pendidikan itu erat hubungannya dengan corak penghidupan, karenanya jika corak penghidupan itu berubah, berubah pulalah corak pendidikannya, agar si anak siap untuk memasuki lapangan penghidupan itu. Pendidikan itu memang suatu usaha yang sangat sulit dan rumit, dan memakan waktu yang cukup banyak dan lama, terutama sekali dimasa modern dewasa ini. Pendidikan menghendaki berbagai macam teori dan pemikiran dari para ahli pendidik dan juga ahli dari filsafat, guna melancarkan jalan dan memudahkan cara-cara bagi para guru dan pendidik dalam menyampaikan ilmu pengetahuan dan pengajaran kepada para peserta didik
Pembahasan

A.    Pengertian Filsafat Pendidikan dan Perspektif Islam

A.1. Filsafat Pendidikan
Filsafat pendidikan pada umumnya dan filsafat Islam pada khususnya adalah bagian dari ilmu filsafat, maka dalam mempelajari filsafat pendidikan perlu memahami terlebih dahulu tentang pengertian filsafat terutama dengan hubungannya dengan masalah pendidikan khususnya pendidikan Islam. Kata filsafat atau falsafat, berasal dari bahasa Yunani. Kalimat ini berasal dari kata philoshophia yang berarti cinta pengetahuan. Terdiri dari kata philos yang berarti cinta, senang, suka dan kata sophia berarti pengetahuan, hikmah dan kebijaksanaan. Hasan Shadily mengatakan bahwa filsafat menurut arti katanya adalah cinta akan kebenaran. Dengan demikian dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa filsafat adalah cinta kepada ilmu pengetahuan atau kebenaran, suka kepada hikmah dan kebijaksanaan. Jadi orang yang berfilsafat adalah orang yang mencintai akan kebenaran, berilmu pengetahuan, ahli hikmah dan bijaksana.
Berbagai pengertian (definisi) tentang Filsafat Pendidikan yang telah dikemukakan oleh para ahli, Al-Syaibany mengartikan bahwa filsafat pendidikan ialah aktifitas pikiran yang teratur yang menjadikan filsafat tersebut sebagai jalan untuk mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan. Artinya, bahwa filsafat pendidikan dapat menjelaskan nilai-nilai dan maklumat-maklumat yang diupayakan untuk mencapainya, maka filsafat pendidikan dan pengalaman kemanusian merupakan faktor yang integral atau satu kesatuan. Sementara itu, filsafat juga didefinisikan sebagai pelaksana pandangan falsafah dan kaidah falsafah dalam bidang pendidikan, falsafah tersebut menggambarkan satu aspek dari aspek-aspek pelaksana falsafah umum dan menitik beratkan kepada pelaksanaan prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi dasar dari filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan pendidikan secara praktis. Barnadib mempunyai versi pengertian atas filsafat pendidikan, yakni ilmu yang pada hakikatnya merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam bidang pendidikan. Karenanya, dengan bersifat filosofis, bermakna bahwa filsafat pendidikan merupakan aplikasi sesuatu analisa filosofis terhadap bidang pendidikan.

A.2. Perspektif Islam
Pegertian filsafat berasal dari kata Arab falsafah, yang berasal dari bahasa Yunani, Philosophia: philos berarti cinta, suka (loving), dan sophia yang berarti pengetahuan, hikmah (wisdom). Jadi, Philosophia berarti cinta kepada kebijaksanaan atau cinta kepada kebenaran atau lazimnya disebut Pholosopher yang dalam bahasa Arab disebut failasuf. Sementara itu, A. Hanafi, M.A. mengatakan bahwa pengertian filsafat telah mengalami perubahan-perubahan sepanjang masanya. Pitagoras (481-411 SM), yang dikenal sebagai orang yang pertama yang menggunakan perkataan tersebut. Dari beberapa kutipan di atas dapat diketahui bahwa pengertian fisafat dar segi kebahsan atau semantik adalah cinta terhadap pengetahuan atau kebijaksanaan. Dengan demikian filsafat adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang menempatkan pengetahuan atau kebikasanaan sebagai sasaran utamanya.

B. Obyek Kajian Filsafat Pendidikan

B.1.  Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam                                                           
Penjelasan mengenai ruang lingkup ini mengandung indikasi bahwa filsafat pendidikan Islam telah diakui sebagai sebuah disiplin ilmu. Hal ini dapat dilihat dari adanya beberapa sumber bacaan, khususnya buku yang menginformasikan hasil penelitian tentang filsafat pendidikan Islam. Sebagai sebuah disiplin ilmu, mau tidak mau filsafat pendidikan Islam harus menunjukkan dengan jelas mengenai bidang kajiannya atau cakupan pembahasannya. Muzayyin Arifin menyatakan bahwa mempelajari filsafat pendidikan Islam berarti memasuki arena pemikiran yang mendasar, sistematik. Logis, dan menyeluruh (universal) tentang pendidikan, yang tidak hanya dilatarbelakangi oleh pengetahuan agama Islam saja, melainkan menuntut kita untuk mempelajari ilmu-ilmu lain yang relevan. Pendapat ini memberi petunjuk bahwa ruang lingkup filsafat Pendidikan Islam adalah masalah-masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan, seperti masalah tujuan pendidikan, masalah guru, kurikulum, metode, dan lingkungan.
Dalam rangka menggali, menyusun, dan mengembangkan pemikiran kefilsafatan tentang pendidikan terutama pendidikan Islam, maka perlu diikuti pola dan pemikiran kefilsafatan pada umumnya. Adapun pola dan sistem pemikiran kefilsafatan sebagai suatu ilmu adalah:
a) Pemikiran kefilsafatan harus bersifat sistematis, dalam arti cara berfikirnya bersifat logis dan rasional tentang hakikat permasalahan yang dihadapi. Hasil pemikirannya tersusun secara sistematis artinya satu bagian dengan bagian lainnya saling berhubungan.
b) Tinjauan terhadap permasalahan yang dipikirkan bersifat radikal artinya menyangkut
persoalan yang mendasar sampai keakar-akarnya.
c) Ruang lingkup pemikirannya bersifat universal, artinya persoalan-persoalan yang dipikirkan mencakup hal-hal yang menyeluruh dan mengandung generalisasi bagi semua jenis dan tingkat kenyataan yang ada di alam ini, termasuk kehidupan umat manusia, baik pada masa sekarang maupun masa mendatang.
d) Meskipun pemikiran yang dilakukan lebih bersifat spekulatif, artinya pemikiran-pemikiran yang tidak didasari dengan pembuktian-pembuktian empiris atau eksperimental (seperti dalam ilmu alam), akan tetapi mengandung nilai-nilai obyektif. Dimaksud dengan nilai obyektif oleh permasalahannya adalah suatu realitas (kenyataan) yang ada pada obyek yang dipikirkannya.

Pola dan sistem berpikir filosofis demikian dilaksanakan dalam ruang lingkup yang menyangkut bidang-bidang sebagai berikut:
a)      Cosmologi yaitu suatu pemikiran dalam permasalahan yang berhubungan dengan alam semesta, ruang dan waktu, kenyataan hidup manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan, serta proses kejadian kejadian dan perkembangan hidup manusia di alam nyata dan sebagainya.
b)       Ontologi yaitu suatu pemikiran tentang asal-usul kejadian alam semesta, dari mana dan kearah mana proses kejadiannya. Pemikiran ontologis akhirnya akan menentukan suatu kekuatan yang menciptakan alam semesta ini, apakah pencipta itu satu zat (monisme) ataukah dua zat (dualisme) atau banyak zat (pluralisme). Dan apakah kekuatan penciptaan alam semesta ini bersifat kebendaan, maka paham ini disebut materialisme.
Secara makro (umum) apa yang menjadi obyek pemikiran filsafat, yaitu dalam ruang lingkup yang menjangkau permasalahan kehidupan manusia, alam semesta dan sekitarnya adalah juga obyek pemikiran filsafat pendidikan.

Tetapi secara mikro (khusus) yang menjadi obyek filsafat pendidikan meliputi:
a.       Merumuskan secara tegas sifat hakikat pendidikan (The Nature of Education).
b.      Merumuskan sifat hakikat manusia sebagai subyek dan obyek pendidikan (The Nature Of Man).
c.       Merumuskan secara tegas hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan, agama dan kebudayaan.
d.      Merumuskan hubungan antara filsafat, filsafat pendidikan dan teori pendidikan.
e.       Merumuskan hubungan antara filsafat negara (ideologi), filsafat pendidikan dan politik pendidikan (sistem pendidikan).
f.       Merumuskan sistem nilai norma atau isi moral pendidikan yang merupakan tujuan pendidikan.
Dengan demikian dari uraian tersebut diproleh suatu kesimpulan bahwa yang menjadi obyek filsafat pendidikan ialah semua aspek yang berhubungan dengan upaya manusia untuk mengerti dan memahami hakikat pendidikan itu sendiri, yang berhungan dengan bagaimana pelaksanaan pendidikan dan bagaimana tujuan pendidikan itu dapat dicapai seperti yang dicita-citakan.

B.2. Analisis Filsafat tentang Masalah Pendidikan
Masalah pendidikan adalah merupakan masalah hidup dan kehidupan manusia. Proses pendidikan berada dan berkembang bersama proses perkembangan hidup dan kehidupan manusia, bahkan pada hakikatnya keduanya adalah proses yang satu. Dengan pengertian pendidikan yang luas, berarti bahwa masalah kependidikan pun mempunyai ruang lingkup yang luas pula, yang menyangkut seluruh aspek hidup dan kehidupan manusia. Sebagai contoh, berikut ini akan dikemukakan beberapa masalah kependidikan yang memerlukan anlisa filsafat dalam memahami dan memecahkannya, antara lain:

1)       Masalah pendidikan pertama yang mendasar adalah tentang apakah hakikat pendidikan?
2)       Apakah sebenarnya tujuan pendidikan itu?

Problema-problema tersebut merupakan sebagian dari contoh-contoh problematika pendidikan yang dalam pemecahannya memerlukan usaha-usaha pemikiran yang mendalam dan sistematis atau analisa filsafat. Dalam memecahkan masalah-masalah tersebut analisa filsafat menggunakan berbagai macam pendekatan yang sesuai dengan permasalahannya. Diantara pendekatan yang digunakan antara lain:

a) Pendekatan secara spekulatif
b) Pendekatan normative
c) Pendekatan analisa konsep
d) Analisa ilmiah

Selanjutnya Harry Scofield[1] menekankan bahwa dalam analisa filsafat terhadap masalah-masalah pendidikan digunakan dua macam pendekatan yaitu pendekatan filsafat historis dan pendekatan dengan menggunakan filsafat kritis.
Dengan pendekatan filsafat historis yaitu dengan cara mengadakan deteksi dari pertanyaan-pertanyaan filosofis yang diajukan, mana-mana yang telah mendapat jawaban dari para ahli filsafat sepanjang sejarah. Dalam sejarah filsafat telah berkembang dalam bentuk sistematika, jenis dan aliran-aliran filsafat tertentu. Adapun cara pendekatan filsafat kritis, dimaksudkan dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan filosofis dan diusahakan jawabannya secara filosofis pula dengan menggunakan berbagai metode dan pendekatan filosofis. Selanjutnya Schofield mengemukakan ada dua cara analisa pokok dalam pendekatan filsafat kritis yaitu analisa bahasa (linguistik) dan analisa konsep. Analisa bahasa adalah usaha untuk mengadakan interpretasi yang menyangkut pendapat-pendapat mengenai makna yang dimilikinya. Sedangkan analisa konsep adalah suatu analisa mengenai istilah-istilah (kata-kata) yang mewakili gagasan.

C. Fungsi dan Tugas Filsafat Pendidikan

C.1. Fungsi Filsafat Pendidikan
Sebagai ilmu, pendidikan Islam bertugas untuk memberikan penganalisaan secara mendalam dan terinci tentang problema-problema kependidikan Islam sampai kepada penyelesaiannya. Pendidikan Islam sebagai ilmu, tidak melandasi tugasnya pada teori-teori saja, akan tetapi memperhatikan juga fakta-fakta empiris atau praktis yang berlangsung dalam masyarakat sebagai bahan analisa. Oleh sebab itu, masalah pendidikan akan dapat diselasaikan bilamana didasarkan keterkaitan hubungan antara teori dan praktek, karena pendidikan akan mampu berkembang bilamana benar-benar terlibat dalam dinamika kehidupan masyarakat. Antara pendidikan dan masyarakat selalu terjadi interaksi (saling mempengaruhi) atau saling mengembangkan sehingga satu sama lain dapat mendorong perkembangan untuk memperkokoh posisi dan fungsi serta idealisasi kehidupannya. Ia memerlukan landasan ideal dan rasional yang memberikan pandangan mendasar, menyeluruh dan sistematis tentang hakikat yang ada dibalik masalah pendidikan yang dihadapi. Dengan demikian filsafat pendidikan menyumbangkan analisanya kepada ilmu pendidikan Islam. tentang hakikat masalah yang nyata dan rasional yang mengandung nilai-nilai dasar yang dijadikan landasan atau petunjuk dalam proses kependidikan.
Tugas filsafat adalah melaksanakan pemikiran rasional analisis dan teoritis (bahkan spekulatif) secara mendalam dan memdasar melalui proses pemikiran yang sistematis, logis, dan radikal (sampai keakar-akarnya), tentang problema hidup dan kehidupan manusia. Produk pemikirannya merupakan pandangan dasar yang berintikan kepada “trichotomi” (tiga kekuatan rohani pokok) yang berkembang dalam pusat kemanusiaan manusia (natropologi centra) yang meliputi:
a.        Induvidualisme
b.       Sosialitas
c.       Moralitas
Ketiga kemampuan tersebut berkembang dalam pola hubungan tiga arah yang kita namakan “trilogi hubungan” yaitu:
a)       Hubungan dengan Tuhan, karena ia sebagai makhluk ciptaan-Nya.
b)      Hubungan dengan masyarakat karena ia sebagai masyarakat.
c)      Hubungan dengan alam sekitar karena ia makhluk Allah yang harus mengelola, mengatur, memanfaatkan kekayaan alam sekitar yang terdapat diatas, di bawah dan di dalam perut bumi ini.

C.2. Tugas filsafat “menganalisis Hubungan Filsafat dengan Pendidikan Islam”
Dalam berbagai bidang ilmu sering kita dengar istilah vertikal dan horisontal. Istilah ini juga akan terdengar pada cabang filsafat bahkan filsafat pendidikan. Antara filsafat dan pendidikan terdapat hubungan horisontal, meluas kesamping yaitu hubungan antara cabang disiplin ilmu yang satu dengan yang lain yang berbeda-beda, sehingga merupakan synthesa yang merupakan terapan ilmu pada bidang kehidupan yaitu ilmu filsafat pada penyesuaian problema-problema pendidikan dan pengajaran. Filsafat pendidikan dengan demikian merupakan pola-pola pemikiran atau pendekatan filosofis terhadap permasalahan bidang pendidikan dan pengajaran. Adapun filsafat pendidikan menunjukkan hubungan vertikal, naik ke atas atau turun ke bawah dengan cabang-cabang ilmu pendidikan yang lain, seperti pengantar pendidikan, sejarah pendidikan, teori pendidikan, perbandingan pendidikan dan puncaknya filsafat pendidikan. Hubungan vertikal antara disiplin ilmu tertentu adalah hubungan tingkat penguasaan atau keahlian dan pendalaman atas rumpun ilmu pengetahuan yang sejenis. Maka dari itu, filsafat pendidikan sebagai salah satu bukan satu-satunya ilmu terapan adalah cabang ilmu pengetahuan yang memusatkan perhatiannya pada penerapan pendekatan filosofis pada bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup dan penghidupan manusia pada umumnya dan manusia yang berpredikat pendidik atau guru pada khususnya.  Jhon S. Brubachen [2]mengatakan hubungan antara filsafat dan pendidikan sangat erat sekali antara yang satu dengan yang lainnya. Kuatnya hubungan tersebut disebabkan karena kedua disiplin tersebut menghadapi problema-problema filsafat secara bersama-sama.

D. Pemecahan permasalahan

Apakah hakikat  dan tujuan pendidikan islam?
Diatas telah disampaikan bahwa permasalahan mendasar tentang pendidikan adalah apa hakikat tentang pendidikan itu sendiri, kenapa demikian ?
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia yang berfikir bagaimana menjalani kehidupan dunia ini dalam rangka mempertahankan hidup dalam hidup dan penghidupan manusia yang mengemban tugas dari Sang Kholiq untuk beribadah. Manusia sebagai mahluk yang diberikan kelebihan oleh Allah Subhanaha watta’alla dengan suatu bentuk akal pada diri manusia yang tidak dimiliki mahluk Allah yang lain dalam kehidupannya, bahwa untuk mengolah akal pikirnya diperlukan suatu pola pendidikan melalui suatu proses pembelajaran. Berdasarkan undang-undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 Bab I, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Menurut William F (tanpa tahun) Pendidikan harus dilihat di dalam cakupan pengertian yang luas. Pendidikan juga bukan merupakan suatu proses yang netral sehingga terbebas dari nilai-nilai dan Ideologi.
Kosasih Djahiri (1980 : 3) mengatakan bahwa Pendidikan adalah merupakan upaya yang terorganisir, berencana dan berlangsung kontinyu (terus menerus sepanjang hayat) kearah membina manusia/anak didik menjadi insan paripurna, dewasa dan berbudaya (civilized).Dari pengertian tersebut bahwa pendidikan merupakan upaya yang terorganisir memiliki makna bahwa pendidikan tersebut dilakukan oleh usaha sadar manusia dengan dasar dan tujuan yang jelas, ada tahapannya dan ada komitmen bersama didalam proses pendidikan itu. Berencana mengandung arti bahwa pendidikan itu direncanakan sebelumnya, dengan suatu proses perhitungan yang matang dan berbagai sistem pendukung yang disiapkan. Berlangsung kontinyu artinya pendidikan itu terus menerus sepanjang hayat, selama manusia hidup proses pendidikan itu akan tetap dibutuhkan, kecuali apabila manusia sudah mati, tidak memerlukan lagi suatu proses pendidikan. Selanjutnya diuraikan bahwa dalam upaya membina tadi digunakan asas/pendekatan manusiawi/humanistik serta meliputi keseluruhan aspek/potensi anak didik serta utuh dan bulat (aspek fisik–non fisik : emosi–intelektual ; kognitif–afektif psikomotor), sedangkan pendekatan humanistik adalah pendekatan dimana anak didik dihargai sebagai insan manusia yang potensial, (mempunyai kemampuan kelebihan – kekurangannya dll), diperlukan dengan penuh kasih sayang – hangat – kekeluargaan – terbuka – objektif dan penuh kejujuran serta dalam suasana kebebasan tanpa ada tekanan/paksaan apapun juga. Melalui penerapan pendekatan humanistik maka pendidikan ini benar-benar akan merupakan upaya bantuan bagi anak untuk menggali dan mengembangkan potensi diri serta dunia kehidupan dari segala liku dan seginya. Menurut Ki Hadjar Dewantara terdapat lima asas dalam pendidikan yaitu :

   1. Asas kemerdekaan; Memberikan kemerdekaan kepada anak didik, tetapi bukan kebebasan yang leluasa, terbuka (semau gue), melainkan kebebasan yang dituntun oleh kodrat alam, baik dalam kehidupan individu maupun sebagai anggota masyarakat.
   2. Asas kodrat Alam; Pada dasarnya manusia itu sebagai makhluk yang menjadi satu dengan kodrat alam, tidak dapat lepas dari aturan main (Sunatullah), tiap orang diberi keleluasaan, dibiarkan, dibimbing untuk berkembang secara wajar menurut kodratnya.
   3. Asas kebudayaan; Berakar dari kebudayaan bangsa, namun mengikuti kebudyaan luar yang telah maju sesuai dengan jaman. Kemajuan dunia terus diikuti, namun kebudayaan sendiri tetap menjadi acauan utama (jati diri).
   4. Asas kebangsaan; Membina kesatuan kebangsaan, perasaan satu dalam suka dan duka, perjuangan bangsa, dengan tetap menghargai bangsa lain, menciptakan keserasian dengan bangsa lain.
   5. Asas kemanusiaan; Mendidik anak menjadi manusia yang manusiawi sesuai dengan kodratnya sebagai makhluk Tuhan.

Menurut Tilaar (2000 : 16) ada tiga hal yang perlu di kaji kembali dalam pendidikan. Pertama, pendidikan tidak dapat dibatasi hanya sebagai schooling belaka. Dengan membatasi pendidikan sebagai schooling maka pendidikan terasing dari kehidupan yang nyata dan masyarakat terlempar dari tanggung jawabnya dalam pendidikan. Oleh sebab itu, rumusan mengenai pendidikan dan kurikulumnya yang hanya membedakan antara pendidikan formal dan non formal perlu disempurnakan lagi dengan menempatkan pendidikan informal yang justru akan semakin memegang peranan penting didalam pembentukan tingkah laku manusia dalam kehidupan global yang terbuka. Kedua, pendidikan bukan hanya untuk mengembangkan intelegensi akademik peserta didik. Pengembangan seluruh spektrum intelegensi manusia baik jasmaniah maupun rohaniyahnya perlu diberikan kesempatan didalam program kurikulum yang luas dan fleksibel, baik didalam pendidikan formal, non formal dan informal. Ketiga, pendidikan ternyata bukan hanya membuat manusia pintar tetapi yang lebih penting ialah manusia yang berbudaya dan menyadari hakikat tujuan penciptaannya. Hal ini sesuai dengan pendapat Sindhunata (2000 : 14) bahwa tujuan pendidikan bukan hanya manusia yang terpelajar tetapi manusia yang berbudaya (educated and Civized human being).
Berdasarkan teori belajar humanistic pendidikan adalah Belajar untuk memenusiakan manusia[3], memahami perilaku belajar dari sudut pandang perilakunya, bukan pengamatnya. Teori ini bertujuan menunjuk pada ruh atau spirit selama proses pembelajaran yang mewarnai metode-metode yang diterapkan. Guru memberi motivasi kesadaran mengenai kesadaran akan pengalaman belajar dalam kehidupan siswa.guru menfalititasi pengalaman belajar siswa dan mendampingi siswa untuk memperoleh tujuan pembelajaran, sedangkan siswa sebagai pelaku utama yang memaknai poses pengalaman belajar, memahami potensi dirinya, mengembangkan potensi dirinya secara positif. Namun apa yang terjadi dilapangan? Masih banyak kekerasan dalam pendidikan terjadi. Baru – baru ini seorang guru / pendidik melakukan tindak kekerasan dengan member hukuman yang menurut etika moral melampaui batas. Dengan cara menjewer[4]  sebanyak 200 kali karena tidak dapat menghafal bacaan Alqur’an[5]. Perlakuan ini hanya akan membuat mental serta motivasi belajarnya menurun. Jika pendidikan adalah memanusiakan manusia maka kita harus merumuskan proses pendidikan sesuai dengan teori humanistic dengan cara [6]:
·         merumuskan adanya tujuan pembelajaran yang jelas
·         parsitipasi aktif dari siswa melalui kontrak belajar yang jelas,jujur, dan positif.
·         siswa bebas mengemukakan pendapat,memilih pilihannya sendiri,melakukan apa yang diinginkannya dan menanggung rsiko dari perilaku yang ditunjukan.
·         siswa didorong untuk peka,mandiri,berpikir kritis,belajar atasinisiatif sendiri.
Alasan memilih teori humanistik dan teori konstruktivistik karena dengan menggunakan teori ini membantu siswa untuk mengembangkan pengertian dan pemahaman konsep secara lengkap dan siswa dapat secara aktif mengemukakan pendapat, memilih pilihannya sendiri,melakukan apa yang diinginkannya.
Ada 3 (tiga) komponen dasar yang harus dibahas dalam teori pendidikan Islam dan pada gilirannya dapat dibuktikan dalam praktek pendidikan, yaitu:
1.         Tujuan Pendidikan Islam harus dirumuskan dan  ditetapkan secara jelas dan sama bagi seluruh  umat manusia. QS. 6: 162.
2.         Metode pendidikan Islam yang diciptakan harus  berfungsi secara efektif dalam proses pencapaian tujuan pendidikan Islam.
3.         Irama gerak yang harmonis antara metode dan  tujuan pendidikan Islam yang tertuang dalam  ide dan nilai yang berupa content pendidikan


Bab III.
Penutup & Kesimpulan
Filsafat adalah sebagai analisa logis dari bahasa serta penjelasan tentang arti kata dan konsep. Dan ada yang berpendapat bahwa Filsafat adalah sekumpulan problema-problema yang langsung yang mendapat perhatian dari manusia dan yang dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat. Jika dalam pendidikan ada permasalahan yang harus dipecahkan, pertama yang harus dilihat adalah apa ide dasar atau konsep pendidikan tersebut. Selanjutnya apa tujuan pendidikan itu diadakan? Dan apa manfaatnya bagi masyarakat umum. Sebagai suatu metode, pengembangan pendidikan Islam biasanya memerlukan empat hal sebagai berikut :
Pertama, bahan-bahan yang akan digunakan dalam pengembangan pendidikan Islam. Dalam hal ini dapat berupa bahan tertulis, yaitu al Qur’an dan al Hadist yang disertai pendapat para ulama serta para filosof dan lainnya ; dan bahan yang akan di ambil dari pengalaman empirik dalam praktek kependidikan.
Kedua, metode pencarian bahan. Untuk mencari bahan-bahan yang bersifat tertulis dapat dilakukan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan yang masing-masing prosedurnya telah diatur sedemikian rupa. Namun demikian, khusus dalam menggunakan al Qur’an dan al Hadist dapat digunakan jasa Ensiklopedi al Qur’an semacam Mu’jam al Mufahras li Alfazh al Qur’an al Karim karangan Muhammad Fuad Abd Baqi dan Mu’jam al muhfars li Alfazh al Hadist karangan Weinsink.
Ketiga, metode pembahasan. Untuk ini Muzayyin Arifin mengajukan alternatif metode analsis-sintesis, yaitu metode yang berdasarkan pendekatan rasional dan logis terhadap sasaran pemikiran secara induktif, dedukatif, dan analisa ilmiah.
Keempat, pendekatan. Dalam hubungannya dengan pembahasan tersebut di atas harus pula dijelaskan pendekatan yang akan digunakan untuk membahas tersebut. Pendekatan ini biasanya diperlukan dalam analisa, dan berhubungan dengan teori-teori keilmuan tertentu yang akan dipilih untuk menjelaskan fenomena tertentu pula. Dalam hubungan ini pendekatan lebih merupakan pisau yang akan digunakan dalam analisa. Ia semacam paradigma (cara pandang) yang akan digunakan untuk menjelaskan suatu fenomena.
Sebagai suatu agama, Islam memiliki ajaran yang diakui lebih sempurna dan kompherhensif dibandingkan dengan agama-agama lainnya yang pernah diturunkan Tuhan sebelumnya. Sebagai agama yang paling sempurna ia dipersiapkan untuk menjadi pedoman hidup sepanjang zaman atau hingga hari akhir. Islam tidak hanya mengatur cara mendapatkan kebahagiaan hidup di akhirat, ibadah dan penyerahan diri kepada Allah saja, melainkan juga mengatur cara mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia termasuk di dalamnya mengatur masalah pendidikan.














Daftar Pustaka

-             Jalaluddin dan Idi, Abdullah, filsafat pendidikan, Gaya Media Pratama, Jakarta: 2002
-             Munawwaroh, Djunaidatul dan Tanenji, Filsafat Pendidikan (perspektif islam dan umum), UIN Jakarta Press, Jakarta: 2003
-             Prasetya, Filsafat Pendidikan Untuk IAIN, STAIN,PTAIS, Penerbit Pustaka Setia, Bandung: 1997
http://vidalembarbelajar.blogspot.com
-              Saifullah, Ali, Antara Filsafat dan Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya: 1997.
-             Zuhairini. Dra, dkk., Filsafat Pendidikan Islam, Cet.II, Bumi Aksara, Jakarta, 1995.
-             http://haydar85.wordpress.com/2008/07/0 … vioristik/
-             Abuddin Nata, M.A., Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 1997
-             Ali Saifullah H.A., Drs., Antara Filsafat dan Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1983.
-             Materi kuliah Ilmu pendidikan islam Universitas Islam Indonesia Nanang nuryanta. Drs.M.pd
-             http://akhmadsudrajat.wordpress.com/200 … endidikan/
-             undang-undang Sisdiknas No.20 tahun 2003 Bab I,